Pengertian Papercraft

Papercraft


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang PAPERCRAFT, Berikut PENGERTIAN Dari PAPERCRAFT itu sendiri :


™ Definisi Papercraft
    Papermodel atau umumnya dikenal dengan nama papercraft adalah sebuah seni memotong, melipat, dan mengelem potongan-potongan kertas menjadi sebuah bentuk 3 dimensi sesuai dengan model yang diinginkan.
™ Sejarah Papercraft
    Model-model kertas ini berkembang semenjak perang dunia ke-2, dimana banyak orang membuat berbagai model peralatan perang seperti pesawat, tank, dan kapal tempur dengan bahan kertas.
Pada tahun 1990-an model kertas mulai masuk ke Indonesia, pada awalnya sebagai bonus pada majalah Angkasa, Bobo, dan lain-lain.
Booming papermodel sendiri mulai terasa sejak tahun 2000-an dimana template model kertas mulai dibagikan gratis melalui internet, hingga kini hampir 80% template model kertas dapat diperoleh secara gratis di website-website papercraft.
™ Kategori Papercraft
    Meski sampai detik ini belum ada pengkategorian yang baku mengenai papercraft sendiri, dalam hal ini setidaknya ada 4 kategori yang termasuk ke dalam papercraft, yaitu :
  1. Pepakura : pengucapan kata papercraft dalam bahasa Jepang, pepakura sendiri dikategorikan sebagai as cute as possible model, kebanyakan menggunakan model-model anime atau karakter dari komik Jepang.
  2. Papertoy : memiliki bentuk model yang simple namun sangat menonjolkan design skin/texture pada model itu sendiri, dapat dikategorikan juga sebagai urban art/pop art, kunci dari papertoy adalah as simple as possible, as beautiful as possible. Meski skin yang digunakan kebanyakan bertema urban atau pop art, tetapi ada pula papertoy yang mengambil skin anime atau cartoon yang dibuat lebih simple dan cute.
  3. Paper Automata : paper automata adalah salah satu kategori papercraft dimana model yang digunakan dapat bergerak dengan konstruksi mekanik yang juga terbuat dari kertas, dideskripsikan dengan as moveable as possible.
  4. Papermodel : atau dikenal juga dengan Paper-Replika, adalah model kertas yang merupakan replika dari benda asli, umumnya memiliki tingkat detail yang tinggi dan tingkat kerumitan yang juga tinggi, dideskripsikan dengan as "not" simple as possible, umumnya berbentuk perangkat militer, kendaraan, robot-robot dari anime/film, dll.
    Mengapa origami tidak dikategorikan sebagai papercraft? Sebenarnya origami pun bisa dikategorikan sebagai papercraft, tetapi yang dibahas disini adalah 3D papercraft, maka origami yang merupakan papercraft 2D/semi-3D tidak dimasukkan.

- ALAT&BAHAN PAPERCRAFT
   Untuk membuat Papercraft, alat-alat dan bahan yang digunakan sangat sederhana.
Berikut alat-alat dan bahan yang digunakan untuk membuat Papercraft:
1. Cutter/Gunting
    Biasanya orang lebih suka menggunakan Cutter untuk memotong pola Papercraft karena hasilnya lebih rapih. Tapi untuk yang belum biasa menggunakan Cutter, bisa menggunakan Gunting.
2. Penggaris
    Penggaris digunakan untuk membantu melipat, agar lipatan lebih lurus/rapih.
3. Tusuk gigi
    Kita bisa menggunakan Tusuk gigi untuk memoleskan lem di bagian-bagian yang sulit dijangkau.
4. Kertas
    Kertas yang disarankan untuk membuat Papercraft adalah kertas 100 gram keatas, agar mudah dalam melakukan lipatan dan perekatan, dan juga agar Papercraft yang dihasilkan lebih kokoh.
5. Lem
    Lem yang bisa digunakan adalah Lem kertas atau Lem kayu.

MEMBUAT PAPERCRAFT
    Hal pertama yang dibutuhkan untuk membuat Papercraft adalah pola. Pola-pola Papercraft dapat kamu cari di internet atau toko buku.
    Jika kamu mendapatkan polanya dari internet (biasanya berformat jpg, gif, pdf), kamu harus mencetaknya terlebih dahulu pada media kertas (menggunakan printer). Tapi jika kamu mendapatkan polanya dari buku/majalah (sudah tercetak pada kertas), kamu tinggal melakukan langkah berikutnya:
1. Gunting pola sesuai dengan gambar yang tercetak di kertas pola.
2. Lipat pola sesuai garis lipatan yang ada pada pola tersebut.
3. Tempelkan bagian-bagian pola sesuai instruksi yang ada (biasanya setiap pola disertai dengan instruksi perakitannya)


Berikut Hasil Papercraft yang saya buat :

 Papercraft Gundam Hyaku-Shiki
by : Erick De Gusra




Mau bikin yang seperti diatas, Download aja polanya disini shobt :

- http://www.mediafire.com/download/5488sg8y54870zi/SD_HYAKU-SHIKI.rar -
atau Klik Dibawah Ini :
Download 


Cara dapatkan polanya, kalian bisa kunjungi website ini :
1. www.papercraftsquare.com
2. perikertas.com
dan masih banyak site-site lainnya yang bisa kalian cari digoogle :D

Selamat Berkreasi Sesuai Keinginan Anda :) 
Sumber : http://10505080.blog.unikom.ac.id/mengenal-papercraft.g2
Share This Article :
Copyright © 2021 Demondro Safelink
Design by Dunia Blanter
How To Use
  1. Put the link on the Safe Link Converter box with http:// or https://
  2. Use CTRL + V on keyboard to put the link.
  3. Click the Safe Link Now! button to get encrypted link.
  4. Click the for Copy your link to clipboard!
  5. Done.

You also can use Lock Feature for Secure your encrypted link.
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]