Selasa, 29 September 2015

Seputar Papercraft Part I

Papercraft


Apa itu Papercraft ?

Salam buat sobat-sobat ane sekalian, ane mau posting lagi bih tentang papercraft coz banyak yang nanya-nanya sama ane kalo papercraft tu apa sih ? bedanya apa sih dengan origami? buatnya gimana? susah apa gak ? bahannya dari apa ? persiapannya apa aja ? peralatannya apa aja ? butuh waktu brapa lama ? biayanya mahal gak ? pola-polanya dapat dari mana ? terinspirasi dari siapa ?

Hahaha simak aja langsung buat sobat ane yang masih kurang faham dengan apa itu papercraft.
Seperti yang pernah ditanya sobat ane, berikut ane paparkan penjelasan ane seputar pertanyaan dari teman-teman ane :)

1. apa itu papercraft ?
    Papermodel atau umumnya dikenal dengan nama papercraft adalah sebuah seni memotong, melipat, dan mengelem potongan-potongan kertas menjadi sebuah bentuk 3 dimensi sesuai dengan model yang diinginkan.

2. Apa bedanya dengan origami ?
    Papercraft? Ya, pertama kali saya menemukan ini di internet beberapa waktu yang lalu. Sempat menarik perhatian saya, karena hasilnya yang unik-unik dan medianya yang mudah didapatkan. Ya, kertas!
Lho? Kertas? Lantas apa bedanya dengan origami? Oh ternyata beda kawan. Papercraft dan origami memiliki perbedaan pada pengerjaannya. Papercraft dalam proses pengerjaannya punya tahap seperti “gunting kertasnya”, “lem kertasnya”, “tempel bagian tersebut dengan lem”, dan lain lain. Sementara origami hanya melibatkan “lipat kertasnya”

3. Buatnya gimana ? susah apa gak ?
   hahaha jangan mikir susah dulu shobt, gaada yang ga mungkin didunia ini mah. caranya gampang aja kok yang penting keseriusan dan keyakinannya aja kalo shobat ane tu bisa buatnya sendiri sampe jadi, yang jelas optimis aja, semangat (y)

4. Bahannya dari apa ?
   yaa dari kertas lah shobt, kan sudah jelas tuh dari namanya " Papercraft ", ga mungkin kan dari tanah liat shobt, wkwkw ntar namanya juga jadi aneh kan ...

5. Persiapannya apa aja ? trus peralatannya apa ?
  Persiapan :   kalo soal persiapan sih dari ane yah terutama ada duit aja yang penting karena gaada duit gimana nanti mau ngeprintnya kan, hehehe trus banyak-banyak aja berdoa gan biar projectnya lancar :)
Peralatannya : sobat cukup sediain pola yang udah diprint, gunting , lem kertas ( gunakan Lem Fox aja biar cepat gan ). itu aja udah cukup mungkin mah ..

6.Butuh waktu berapa lama ?
   kalo masalah brapa lamanya sih ituu tergantung apa yang mau dibikin, soalnya yang ngehabisin waktu itu pada saat gunting polanya shobt, apa lagi yang polanya kecil-kecil, mungkin buat guntingnya aja bisa ngabisin waktu berjam-jam bahkan sampe berhari-hari bagi para pemula, karena dalam proses menggunting harus hati-hati gan, dan jangan sampe salah potong yang terpenting. soalnya lika-likunya banyak gan :)
  Yang ane buat pertama kali tuh robot gundam gan, liat aja langsung nih hasilnya buatan pertama ane :

Gundam Hyaku-Shiki
By : Erick De Gusra

   Gimana gan ? tertarik gak buat nyoba bikin karya seperti koleksi ane diatas :)

7. Biayanya mahal gak ? modalnya berapa ?
   Kalo masalah biaya gak mahal kok shobt, mungkin terjangkau juga bagi kalian. tapi kalo ane agak sikit mahal lah, soalnya nyari duit susah gan, wkwkwkw
   Modalnya palingan ga sampe ratusan ribu gan, tergantung dari berapa jumlah lembaran ayang akan diprint, biasanya kalo ditempat ane cuma 2000an / lembar itu print warna trus pake kertas folio yang tebalnya gitu bukan yang tipis. kalo pake yang tipis juga bisa sih tapi hasilnya mungkin agak sedikit mengecewakan. dipencet aja ntar malah penyot kan. dilapisi pake karton aja juga bisa tapi buat nambah biaya juga jadinya gan, baik cara yang hemat aja kan :D

8. Pola-polnya dapat  dari mana ?
   pola-polanya sih ane search dari internet gan, masalahnya disini dipasar, dikedai, bahkan dimall sekalipun gaada yang jual gan. ( jangan dicari juga yak, diinternet aja )

Baca Selengkapnya : Situs Download Pola Papercraft
 9.  Terinspirasi dari siapa ?
   dari siapa sih gaada, awalnya sih cuma iseng-iseng aja browsing-browsing eh malah keluar yang begituan yaah ane coba-coba aja gan. yang terpenting saya sangat berterima kasih buat agan-agan yang udah bersedia nyediain pola-polanya, seperti Mas Julis Perdana, yang berasal dari Indonesia juga gan tapi wilayahnya dimana ane kurang tau juga gan. yang mana ia sangat kreatif dan sukses dengan karyanya, pola-polanya juga ga perlu bayar shobt :D

Gimana nih gan ?
masih ada yang mau ditanyain ga seputar Papercraft ?
Kalo ada langsung aja koment dikotak komentar dibawah ini shobt, InsyaAllah ane bantu :)

Cukup sekian dulu postingan dari ane gan, tunggu post selanjutnya ya, semoga bermanfaat :) || Joe Erick ||



2 komentar:

Posting Komentar