Cat untuk Paper Model


 

Paper model dicat ?? Mungkin  itulah pertanyaan pertama yang terlintas di benak orang awam.Akan tetapi untuk bisa mencapai kelas hasil rakitan paper model yang menyamai bahkan melebihi hasil plastik model maka harus dibutuhkan proses pengecatan. DO OR DO NOT. THERE IS NO TRY (Yoda-Star Wars). Inilah yang selalu jadi panutan saya dalam hobi ini, bila ingin ahli harus DO ,THERE IS NO TRY. Jadi bagi yang merasa keahlian mengecatnya masih NOL ingatlah kata2 YODA di atas.

Saya akan jelaskan di sini beberapa macam CAT yang biasa digunakan untuk scale hobby model.

1.OIL Paint
Jenis cat ini biasa digunakan untuk tekhnik weathering dan washing di plastik model. Tetapi dengan CAT ini juga bisa diaplikasikan untuk mengecat ulang suatu model atau tekhnik weathering seperti yang pernah saya tulis juga di sini. Untuk pengencernya (medium)bisa digunakan turpentine. Ingat gunakanlah sesuai takaran agar dicapai efek yang pas dan cocok. Jika digunakan langsung dari kemasannya bisa digunakan untuk efek weathering kerak lumpur atau tanah kering dan sebagainya.Harganya cukup terjangkau dan bisa didapatkan di toko buku besar atau toko hobi di sekitar anda.

2.Acrylic and Enamel Paint
Di dunia plastik model dua jenis cat di dalam botol kaca inilah yang biasa digunakan untuk mengecat dan mendapatkan efek weathering pada model ataupun figur. Tetapi jika mengecat figure bisa juga digunakan OIL pint dengan catatan membutuhkan medium dan proses pengerjaan yang berbeda. Untuk akrilik jenis cat ini sanngat ramah lingkungan dan bagus sekali digunakan dengan pengecatan melalui air brush. Bila menggunakan kuas maka enamel merupakan cat yang paling cocok dikarenakan karakternya yang cepat kering. Sebagai pengencer (medium) kedua jenis cat ini bisa menggunakan thinner bahan bangunan. Dijual dalam kemasan 10 ML atau 23 ML dalam botol kaca dengan kode warna yang tertera di kemasan untuk memudahkan pemilihan warna. Harga berkisar antara Rp 20.000 s/d Rp 40.000 per botol. Bisa didapatkan di toko lukis atau toko hobi terdekat di sekitar anda.
Sebenarnya ada satu jenis cat lagi yang biasa digunakan di dunia plastik model dengan nama LACQUER, tetapi untuk hobi paper model saya tidak menyarankan untuk memakainya dikarenakan sangat beracun dan tidak ramah lingkungan. Lagi pula jenis cat ini hanya bagus diaplikasikan dengan air brush.

Terima kasih bila anda telah membaca artikel ini. Remember DO OR DO NOT. THERE IS NO TRY

Sumber : www.perikertas.com

Share This Article :
Copyright © 2021 Demondro Safelink
Design by Dunia Blanter
How To Use
  1. Put the link on the Safe Link Converter box with http:// or https://
  2. Use CTRL + V on keyboard to put the link.
  3. Click the Safe Link Now! button to get encrypted link.
  4. Click the for Copy your link to clipboard!
  5. Done.

You also can use Lock Feature for Secure your encrypted link.
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]