Minggu, 04 Oktober 2015

Tutorial Penggunaan Cat Semprot

Spraycan for Newbie
Spraycan yg dimaksud disini adalah segala jenis dan merk spraycan, baik primer, cat, maupun topcoat.
Before Spraying
  • Pastikan tempat penyemprotan bersih
  • Biar gak frosting (efek bintik-bintik kayak es) kaleng dicelup dulu di air anget. Air hangat ya jangan air panas... apalagi dimasak ntar bisa meledak!
  • Kocok kalengnya pelan-pelan aja tapi merata sampe suara kelereng didalamnya nyaring (2-3menit)
  • Jangan lupa pake masker ama sarung tangan
Spraying Time
  • Jarak semprot jangan terlalu dekat, dicoba-coba sendiri paling bagus jaraknya seberapa soalnya masing-masing merek beda, juga tergantung ama style dan cara mengecat masing-masing. Rata-rata jarak semprot 15-45cm
  • Kalo bisa semprotan pertama mist tipis dulu... tunggu kering. Hal ini dimaksudkan agar nanti cat lebih melekat pada part
  • Pada saat ini jika part diamplas dapat dicek hasil amplasnya sudah rata apa belum, jika belum dapat diulang amplasnya lalu diulang mist-nya sampai didapat hasil yang diinginkan
  • Baru semprot cat secara merata
  • Tips:
    • Jangan dicium catnya... racun tuh... racun...
    • Kalau ngecat outdoor hati-hati arah angin
After Spraying
  • Taruh part yang habis dicat di tempat yang aman:
    • dari sinar matahari langsung (untuk beberapa cat ntar retak-retak keringnya),
    • dari serangga (semut, nyamuk, dll)
    • dari orang iseng.../ gak tau kalo masih basah
    • dan terutama dari diri sendiri yang penasaran ini udah kering belum yah? Terus membekas deh sidik jari
  • Yah kalo mau tau udah kering ato belom... setelah cat semua parts...:
    • cat terakhir di kertas yang gak kepake setebel part yang dicat
    • jadi silahkan lampiaskan rasa penasaran ke kertas yang gak kepake...
    • kalo kertas dah kering, part juga udah kering
  • Pastikan tempat penyimpanan bersih
  • Jika terjadi hal yang tak diingikan seperti part jatuh sebelum kering, kesenggol, dll mau gak mau ya diamplas cat lamanya lalu dicat ulang... atau bikin lagi aja dari awal

    Sumber : www.perikertas.com

1 komentar:

Posting Komentar