Selasa, 06 Oktober 2015

Usaha Kerajinan Papercraft

Papercraft memang masih jarang yang tahu, namun sebenarnya arti terjemahannya adalah kerajinan tangan dari bahan kertas. Usaha papercraft masih terbilang baru di Indonesia karenanya peluang sebagai pebisnis dibidang papercraft masih terbuka lebar. Papercraft menawarkan keunikan tersendiri karena bahannya terbuat dari kertas maka model kerajinan kertas ini dapat dibuat dengan berbagai bentuk sesuai dengan trend pasar. Selain itu pasar untuk papercraft terbuka lebar tidak hanya dapat dijual dipasar domestik namun dapat pula menyasar pasar internasional asal anda paham tatacara pembayaran dan cara pengirimannya. Namun bila pemahaman anda terbatas, peluang pasar domestik juga masih terbuka lebar.  

Seperti halnya dalam industri kerajinan, modal utama dalam papercraft adalah kekayaan ide dalam berinovasi, kerapihan dan ketrampilan tangan dalam membuat papercraft adalah faktor yang membangun keunggulan usaha anda dibidang ini. Namun bagi anda yang masih minim ide tentang model-model papercraft dapat mencari dengan bantuan goggling, nanti akan banyak ketemu sumber yang dapat didonlot berbagai model. Sebagai tambahan, berbisnis papercraft tidak memerlukan investasi yang mahal karena bahan bakunya hanya kertas namun investasi yang agak mahal adalah untuk pembelian printer + tinta anti air.  

Wirausaha dibidang papercraft ini juga terbagi beberapa jenis usaha yang dapat ditekuni sesuai dengan kemampuan anda. Pada dasarnya bisnis  papercraft terbagi dalam :
1. Desainer papercraft
2. Penyedia bahan papercraft
3. Papercraft builder
4. Penyedia jasa printing

Jadi dalam usaha papercraft, anda dapat menyesuaikan bidang apa yang cocok dengan kemampuan masing-masing orang. Kalau anda mempunyai kemampuan olah gambar maka sebagai desainer papercraft atau bagi yang hanya punya ketrampilan tangan saja maka sebagai papercraft  builder dapat dipilih.

Segmentasi pasar
Dalam bisnis papercraft ini, segmen pasarnya dapat digolongkan kedalam:

a. Papercraft avatar
Sebagai produk akhirnya adalah wajah manusia yang diambil dari foto dan kemudian dipadukan dengan bentuk badan yang ingin dipilih, bisa dalam bentuk badan biasa atau dengan bentuk badan lainnya, misalkan dengan bentuk superhero dsb. 

b. Paper toys
Seperti namanya, papercraft ini seringkali berbentuk wajah lucu-lucu, dengan bentuk wajah dan badan yang sudah distyling tidak sama persis dengan bentuk manusia karena bentuknya kemudian dalam wujud persegi. 

c. Papercraft automata
Papercraft jenis ini agak sulit dalam proses pembuatannya karena menyangkut teknik yang agak rumit karena produk papercraft ini harus dapat bergerak bisa dalam bentuk komidi putar, permainan bola dsb

d. Papercraft replika
Papercraft jenis ini mengambil bentuk-bentuk obyek asli namun dengan skala yang diperkecil misalnya dalam bentuk kapal, pesawat, bangunan dsb.

e. Blank papercraft
Produk papercraft masih dalam bentuk polos belum diwarnai, dan konsumen sendiri nanti yang akan memberi warnanya.

Pemasaran Offline
Pemasaran papercraft dapat dilakukan dengan membuka gerai di pusat perbelanjaan yang ramai. Namun saat ada arena bazaar atau pameran, event ini akan lebih mendorong branding produk anda dibenak calon konsumen karena lebih banyak pengunjung yang datang. Dalam bazaar tersebut seringkali untuk produk-produk unik tentu saja segera akan menarik perhatian pengunjung. Keikutsertaan dalam bazaar atau pameran ini adalah salah satu langkah awal dalam memperkenalkan bisnis anda ke khalayak konsumen, jadi jangan sia-siakan bilamana ada event-event semacam pameran atau bazaar.  

Pada saat saat awal ini mungkin penjualan anda belum terlalu banyak, namun jangan putus asa bangun hubungan yang lebih hangat dengan calon konsumen dengan memberikan brosur/leaflet tentang produk anda. Dan jangan pelit ilmu, bagikan ilmu cara-cara pembuatan papercraft kepada calon konsumen. Bilamana mereka tertarik tentu kemudian mereka akan mencari anda. Jalin sebanyak mungkin komunikasi dan jaringan kepada calon konsumen. Pada akhirnya jika mereka sudah percaya dengan anda, yakin pesanan dari konsumen akan produk papercraft yang lucu-lucu akan datang kemudian.

Online
Pemasaran offline tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya calon konsumen akan tahu persis tentang karakterisitik produk secara langsung karena mengamati secara langsung, namun untuk urusan biaya tentu saja lebih mahal. Sewa gerai dibazaar atau pameran tentu saja mahal. Namun bila anda punya dana yang terbatas dapat pula melakukan pemasaran melalui saluran online alias memakai internet. Internet memang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan pemasaran offline termasuk jangkauan area pemasarannya sangat luas bahkan pasar internasional dapat anda sasar tergantung kesiapan dan kemampuan anda.

Anda dapat membuat semacam blog untuk membangun jaringan sekaligus tempat showroom papercraft anda. Banyak tempat penyedia layanan blogging gratis yang bisa dipilih dari wordpress, blogspot, multiply dan lain sebagainya. Bila anda masih belajar tentu saja menggunakan domain nama dari penyedia layanan blogging tersebut. Namun untuk membangun reputasi bisnis papercraft perlu dipikirkan untuk mempunyai domain sendiri yang berbayar. Untuk memperoleh domain plus biaya hosting bisa anda tentukan sendiri budgetnya, namun tidaklah mahal. Dengan anggaran 300 – 500 rb, anda sudah mendapatkan domain yang anda pilih plus layanan hostingnya. Atau kalau anda lebih cerdik lagi anda hanya perlu sewa domain yang harganya Rp 100 rb an/setahun dengan free hosting cost dengan blogspot sebagai hostnya.

Sedangkan bila anda ingin membuka toko onlinenya banyak tersedia layanan online shop yang gratis. Anda bisa memilih apakah produk papercraft anda mau dijual di tokopedia, dinomarket, kaskus, store.plasa dan masih banyak lagi.

Sumber : http://wirausahainfo.blogspot.co.id/2012/04/peluang-bisnis-baru-di-papercraft.html

0 komentar:

Posting Komentar